Tata Cara Penerbitan Jurnal

Sumber dan Penyeleksian Naskah:

a) Sumber utama naskah adalah makalah-makalah yang disajikan di Kongres dengan pertimbangan berikut:

  • Tanggal masuk makalah ke Panitia Kongres.
  • Penilaian awal dari Editor Utama/Pendamping.
  • Keynote Paper yang disajikan di Kongres mendapat prioritas pertama dan pasti diterbitkan.

b) Sumber lain adalah dari perseorangan di luar Kongres dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu;

  • Makalah yang diterima melalui email oleh Sekretariat dicek apakah sudah memenuhi Gaya Selingkung dan template jurnal Linguistik Indonesia, jika tidak sesuai dikembalikan kepada Penulis agar disesuaikan.
  • Makalah yang masuk serta telah memenuhi Gaya Selingkung dan template jurnal Linguistik Indonesia diteruskan kepada Reviewer Internal dan atau Editor Pendamping untuk dinilai apakah topik dan bahasan sesuai dengan jurnal Linguistik Indonesia atau tidak.

c) Makalah yang  memenuhi ketentuan di atas direview dua orang Mitra Bebestari sesuai arahan Editor Pendamping dan atau Editor Utama serta Penulis diberi tahu melalui email dengan melampirkan form resmi.

d) Hasil review dikirimkan kepada Penulis agar dapat dilakukan revisi yang perlu.

e) Hasil revisi dikirimkan kepada Mitra Bebestari untuk dicek apakah sudah sesuai dengan masukan yang diberikan, jika belum sesuai maka melalui Sekretariat, Penulis diminta untuk merevisi kembali.

f) Makalah yang sudah sesuai, diformat sesuai edisi yang akan terbit dan setelah diformat dikirimkan kepada Editor Pendamping serta Editor Utama untuk mohon persetujuan.

g) Penulis yang makalahnya tidak memenuhi tahap b diberi tahu melalui email dengan melampirkan form resmi.

h) Setelah jurnal terbit, Penulis diberi tahu melalui email sekaligus diingatkan mengenai sumbangan penerbitan dan iuran MLI, setelah melunasi sumbangan dan iuran maka Penulis berhak atas satu eksemplar jurnal dan empat eksemplar cetak lepas.